Senin, 18 Juni 2012

Jangan Lewatkan Makan Pagi & Kenapa Makan Pagi Harus Sehat

Pagi hari adalah waktu yang paling penting bagi nutrisi yang tepat, sehingga tidak ada alasan untuk tidak melakukannya sampai benar. Tubuh kita telah beristirahat tanpa melakukan apa-apa selama 6-8 jam, dan tubuh kita sudah berpuasa selama kira-kira 12 tanpa makanan sama sekali, jadi tunggu apa lagi untuk memberikan apa yang tubuh anda inginkan. Berikan tubuh anda makanan penuh nutrisi di pagi hari.


Efek Dari Tidak Makan Pagi

Saat Anda tidak sarapan, gula darah turun di bawah tingkat normal, Anda akan mulai merasa lapar dalam 1 sampai 2 jam dan mengantuk. Untuk itu anda akan memakan karbohidrat simple (nasi putih, roti tawar) untuk menahan rasa lapar di tubuh anda. Karbohidrat simple akan menyebabkan gula darah anda naik dan membuat anda merasa baik untuk jangka waktu singkat. Tidak lama kemudian anda akan mengalami rasa lapar kembali ketika gula darah anda rendah. Siklus ini kemudian berulang 2-3 kali setiap harinya. Lingkaran setan ini adalah salah satu alasan utama untuk diabetes, tekanan darah tinggi, dan obesitas.






Efek Dari Makan Karbohidrat Simple Di Pagi Hari

Kebiasaan dari beberapa orang adalah makan pagi dengan nasi putih atau mie. Kebiasaan ini adalah salah satu penyebab banyaknya orang yang mengalami obesitas. Di pagi hari karbohidrat (sereal olahan manis, roti putih, nasi putih, donat, dll) menyebabkan kadar gula dalam darah anda meningkat drastis, memang anda merasa kenyang untuk beberapa jam tetapi ketika gula darah itu turun kembali anda akan merasa ngantuk dan lapar kembali. Kemudian anda karena merasa lapar kembali memakan karbohidrat simple. Coba tebak apa yang akan terjadi selanjutnya. Betul .... siklus gula darah itu akan kembali muncul dan anda akan kembali merasa lapar. Seperti di atas lingkaran setan inilah yang berbahaya karena berujung pada diabetes, obesitas, dan tekanan darah tinggi.



Efek Dari Makan Pagi Yang Sehat Dan Benar 

Makan pagi yang penuh dengan nutrisi penting dan protein dan karbohidrat seimbang. Sarapan sehat mengisi tubuh kita dengan semua nutrisi penting dan energi tanpa meningkatkan gula darah dan kadar insulin. Ini membantu untuk menghindari ketergantungan terhadap karbohidrat pada siang hari. Dengan cara ini, nafsu makan tetap terkendali, keinginan untuk karbohidrat (cemilan, coklat, kue kering, sampah, minuman ringan, dll) berkurang.








Makan pagi dengan penuh nutrisi adalah hal terpenting untuk memulai hari anda


Contoh makanan pagi yang sehat :

  • Roti gandum dengan telur dadar yang di goreng dengan sedikit minyak
  • 2 Gelas susu rendah lemak atau susu kacang kedelai dengan oatmeal
  • Oatmeal dengan air dan telur rebus
  • Nasi merah dan dada ayam yang di kukus atau di pan fry 

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar