Sabtu, 28 Januari 2012

Khasiat Daun Jambu Biji Terhadap Penyakit DBD

Demam berdarah yang ditularkan melalui nyamuk Aedes aegypti ini memang disebabkan oleh virus. Penyakit yang disebabkan oleh virus biasanya akan sembuh dengan sendirinya, setelah masa kritisnya lewat. Namun, mengobati penyakit yang bisa berujung pada kematian ini tentu tidak bisa sembarangan. Diperlukan penanganan yang tepat agar bisa sembuh, meski demam berdarah memang bisa disembuhkan dengan bahan-bahan alami atau herbal.

Oleh karena sistem kekebalan tubuh juga diserang, maka sistem antibodi juga perlu diperbaiki. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti ekstrak daun jambu biji. Daun jambu biji tua mengandung berbagai macam komponen yang berkhasiat untuk mengatasi penyakit DBD. Kandungan quercentin dalam daun jambu biji dapat meningkatkan jumlah trombosit dalam darah. Quercentin dari golongan flavonoid efektif secara cepat menaikan jumlah trombosit melalui mekanisme peningkatan jumlah sitokin. Didalam tubuh sitokin berperan meningkatkan kekenyalan pembuluh darah sekaligus mengaktifkan sistem pembekuan darah. Kelompok senyawa tannin dan flavonoid yang dinyatakan sebagai quercentin dalam ekstrak daun jambu biji juga dapat menghambat aktivitas enzim reverse trancriptase yang berarti menghambat pertumbuhan virus berinti RNA seperti virus dengue. Dalam hal ini RNA berperan dalam sintesis protein. Jika pembentukan RNA virus dengue terganggu, virus dapat mati sehingga jumlah trombosit meningkat.

 


Gambar 2.4    Struktur quercentin (Sumber: http://findmeacure.com/)


Pembuatan ekstrak daun jambu dapat dilakukan dengan cara perendaman serbuk. Caranya, setelah dikeringkan daun jambu dibuat serbuk. Untuk mendapat ekstrak yang diinginkan serbuk tersebut dilarutkan dalam etanol 96% dengan perbandingan serbuk dan etanol adalah 1:10. Campuran tersebut diaduk hingga beberapa jam, kemudian disaring sebanyak 3 kali. Penyaringan diulang lagi sebanyak 3 kali untuk menghilangkan pengaruh etanol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar